Sabtu, 08 Oktober 2011

ANIMASI

ANIMASI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas dan berbagai sumber.

Animasi dengan laju 10 frame per detik Dan Animasi seekor kuda buatan Edward Muybridge
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di putar sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi



Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Proses pembuatan animasi

Ada dua proses pembuatan film animasi, diantaranya adalah secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional.
Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan. Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit. Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.

2 Dimensi

Celluloid (konvensional)

Teknik Celluloid ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera didalam ruangan yang serba hitam.
Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang dan latar depan dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak. Proses pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:
  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Pasca-produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
    • Clean Up (Membersihkan gambar dengan menjiplak)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
    • Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi frame),
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pemindahan film kedalam roll film.

Komputer

Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik konvensional, setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang kembali dari awal. Proses pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:
  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Pasca-produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Scanning
    • Coloring.
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.

3 Dimensi

Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3Dimensi secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri  untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

Film Animasi dengan keuntungan tertinggi

Sampai saat ini, ada beberapa film animasi yang memiliki keuntungan yang sangat besar, sebut saja Shrek 2 atau Finding Nemo, yang keuntungannya sudah diatas 800 juta dollar, yang film lain saja sangat sulit mendapatkannya. Berikut adalah 20 film animasi dengan pendapatan tertinggi :
Rank
Nama Film
Studio
Penghasilan dunia
Tahun
1
DreamWorks SKG
$919,838,758
2004
2
BlueSky
$878,701,244
2003
3
Disney/Pixar
$864,625,978
2003
4
DreamWorks SKG
$798,958,162
2007
5
Buena Vista/Walt Disney
$783,841,776
1994
6
Disney/Pixar
$683,807,981
2009
7
20th Century Fox
$655,388,158
2006
8
Disney/Pixar
$643,707,397
2007
9
DreamWorks SKG
$631,736,484
2008
10
Disney/Pixar
$631,442,092
2004
11
DreamWorks SKG
$603,900,309
2008
12
Disney/Pixar
$545,366,597
2001
13
Disney/Pixar
$533,268,237
2008
14
DreamWorks SKG
$532,680,671
2005
15
Buena Vista/Walt Disney
$504,050,219
1992
16
Disney/Pixar
$485,015,179
1998
17
DreamWorks SKG
$484,409,218
2001
18
Disney/Pixar
$461,983,149
2006
19
Buena Vista/Walt Disney
$448,191,819
1999
20
Warner Bros.
$384,300,000
2006

Animasi di Indonesia

Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli lokal, Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Data Ainaki (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia) mencatat nama-nama studio animasi Indonesia, diantaranya adalah Frozzty Entertainment, Tunas Pakar Integraha, Castle Production,CAM Solution, Mirage, Pustaka Lebah, Jogjakartun, Mrico, Animad Studio, Jelly Fish, Bulakartun, Griya Studio, Bening Studio, Studio Kasatmata, Asiana Wang Animation, Bintang Jenaka Cartoon Film, Red Rocket, Infinite Frameworks Studios Batam dan lain-lain. Sekolah Animasi di Indonesia IDS  International Design School.

Jenis Animasi ini
 Animasi adalah berbagai jenis seperti:
• Animasi 2D.
• Animasi 3D.
• Berhenti gerak pada Animasi atau Wayang Animasi.
• Potong-out Animasi.
• Animasi Clay.
• Sayuran Animasi.
• Pasir Animasi.

Tapi animasi dibagi dalam dua bagian besar yaitu Animasi 2D dan Animasi 3D.

Animasi 2D:  
Animasi 2D dikenal sebagai animasi sel tradisional di mana setiap frame atau menggambar animasi di atas kertas dan kemudian dijiplak ke sel lembar transparan dengan kuali juga pena atau bahkan Xeroxed. Dari sisi belakang sel itu dilukis oleh tinta atau cat seniman, terus latar belakang warna dan terbuka di bawah kamera, maka cetak negatif terkena dikembangkan dan itu adalah siap untuk menampilkan animasi di layar lebar.

Animasi 3D:
Hari-hari ini ketika orang berbicara tentang 3D biasanya mereka berbicara tentang animasi komputer.  Animasi 3d berarti objek yang memiliki panjang, luas serta kedalaman disebut sebagai 3D. Berikut kedalaman istilah yang paling penting karena itu adalah satu-satunya hal yang berbeda 2D dan 3D. 3D objek 3D memiliki tiga sumbu X, Y, dan Z mana sebagai objek 2D hanya memiliki dua sumbu yaitu X dan Y.
. Pada 1988, merek dagang 3D Real telah dikembangkan yang secara teknis dikenal sebagai visi stereoskopik.
. 3D animasi dibuat dengan bantuan komputer dan perangkat lunak dan juga diberikan oleh perangkat lunak untuk melihat animasi pada layar. Perencanaan animasi dan bahan produksi pra dirancang dengan kertas dan pensil. 3D animasi komputer dihasilkan film yang dibuat dalam software khusus, yang menyediakan animator dengan ruang 3D tidak seperti yang kertas.. Secara teknis ada perbedaan besar antara animasi 3D dan animasi 2D.

film animasi
A
dalah film animasi yang paling mahal karena biaya produksi film ini adalah $ 170 juta (USD) dan menikmati bisnis cukup box office juga.
Ketika kami datang ke film animasi yang paling sukses maka Shrek 2. Shrek2 memiliki pembukaan terbesar untuk film animasi yang pernah dan itu adalah film paling sukses tahun 2004. Shrek3 sudah di produksi dan Shrek4 dalam pra-produksi. Biaya produksi film ini adalah $ 70.000.000 (USD) dan koleksi box office di seluruh dunia luar biasa $ 916.000.000 (USD). Dalam film animasi yang sukses ada juga nama lain seperti
SharkTale SharkTale
The Wild The Wild
Toy Story 1&2 Toy Story 1 & 2
The Incredibles The Incredibles
Finding Nemo Finding Nemo
Cars Mobil
Dinosaurs Dinosaurus
Monster Inc. etc. Inc Rakasa dll

Animasi Clay
Animasi Clay tidak benar-benar suatu teknik baru sebagai banyak orang mungkin berpikir animasi. Clay mulai tak lama setelah plastisin (a-zat seperti tanah liat) diciptakan pada tahun 1897, dan salah satu film pertama yang menggunakan itu dibuat pada tahun 1902. ini jenis animasi tidak begitu populer sampai Gumby diciptakan. Penemuan Gumby merupakan langkah besar dalam sejarah animasi tanah liat. Sekarang, animasi tanah liat menjadi lebih populer dan lebih mudah untuk dilakukan. Kemudian, film animasi tanah liat lebih dibuat, seperti Wallace dan Gromit dari film seri, iklan yang dibuat untuk California Raisin Dewan Penasehat dan seri Celebrity Deathmatch.
Animasi Komputer
Animasi komputer juga menjadi animasi umum. Dimulai sekitar 40 tahun yang lalu ketika gambar sistem komputer pertama diciptakan oleh General Motors dan IBM. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat model 3D dari mobil dan mengubah sudut dan rotasi. Bertahun-tahun kemudian, lebih banyak orang membantu membuat animasi komputer yang lebih baik. Film yang menggunakan animasi komputer: The Abyss, Jurassic Park, Forrest Gump, dan banyak lagi. Juga, animasi komputer digunakan berbeda, seperti dalam acara Taman Selatan yang digunakan berhenti guntingan animasi; akhir-akhir ini menggunakan animasi komputer. dikenal komputer animasi baik-Sebuah perusahaan Pixar Mereka bertanggung jawab untuk membuat Toy Story, A Bug's Life, Monsters Inc, Finding Nemo, dan banyak lagi. Selain itu, permainan video telah menggunakan animasi komputer juga.
Cel-Bayang Animasi
Cel- diarsir adalah membuat animasi grafis komputer tampak tangan ditarik. ini jenis animasi yang paling umum kembali di konsol video gamesSebagian besar waktu proses cel-shading dimulai dengan khas model 3D . Perbedaannya terjadi bila objek cel-shaded diambil pada layar. Mesin rendering hanya akan memilih beberapa bayangan setiap warna untuk objek, sehingga terlihat datar.
Diedit oleh Nurul Azizah, 8a/21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sabtu, 08 Oktober 2011

ANIMASI

ANIMASI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas dan berbagai sumber.

Animasi dengan laju 10 frame per detik Dan Animasi seekor kuda buatan Edward Muybridge
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di putar sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi



Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Proses pembuatan animasi

Ada dua proses pembuatan film animasi, diantaranya adalah secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional.
Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan. Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit. Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.

2 Dimensi

Celluloid (konvensional)

Teknik Celluloid ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera didalam ruangan yang serba hitam.
Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang dan latar depan dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak. Proses pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:
  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Pasca-produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
    • Clean Up (Membersihkan gambar dengan menjiplak)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
    • Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi frame),
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pemindahan film kedalam roll film.

Komputer

Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan. Sementara dengan teknik konvensional, setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang kembali dari awal. Proses pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:
  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Pasca-produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Scanning
    • Coloring.
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.

3 Dimensi

Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3Dimensi secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri  untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

Film Animasi dengan keuntungan tertinggi

Sampai saat ini, ada beberapa film animasi yang memiliki keuntungan yang sangat besar, sebut saja Shrek 2 atau Finding Nemo, yang keuntungannya sudah diatas 800 juta dollar, yang film lain saja sangat sulit mendapatkannya. Berikut adalah 20 film animasi dengan pendapatan tertinggi :
Rank
Nama Film
Studio
Penghasilan dunia
Tahun
1
DreamWorks SKG
$919,838,758
2004
2
BlueSky
$878,701,244
2003
3
Disney/Pixar
$864,625,978
2003
4
DreamWorks SKG
$798,958,162
2007
5
Buena Vista/Walt Disney
$783,841,776
1994
6
Disney/Pixar
$683,807,981
2009
7
20th Century Fox
$655,388,158
2006
8
Disney/Pixar
$643,707,397
2007
9
DreamWorks SKG
$631,736,484
2008
10
Disney/Pixar
$631,442,092
2004
11
DreamWorks SKG
$603,900,309
2008
12
Disney/Pixar
$545,366,597
2001
13
Disney/Pixar
$533,268,237
2008
14
DreamWorks SKG
$532,680,671
2005
15
Buena Vista/Walt Disney
$504,050,219
1992
16
Disney/Pixar
$485,015,179
1998
17
DreamWorks SKG
$484,409,218
2001
18
Disney/Pixar
$461,983,149
2006
19
Buena Vista/Walt Disney
$448,191,819
1999
20
Warner Bros.
$384,300,000
2006

Animasi di Indonesia

Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli lokal, Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Data Ainaki (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia) mencatat nama-nama studio animasi Indonesia, diantaranya adalah Frozzty Entertainment, Tunas Pakar Integraha, Castle Production,CAM Solution, Mirage, Pustaka Lebah, Jogjakartun, Mrico, Animad Studio, Jelly Fish, Bulakartun, Griya Studio, Bening Studio, Studio Kasatmata, Asiana Wang Animation, Bintang Jenaka Cartoon Film, Red Rocket, Infinite Frameworks Studios Batam dan lain-lain. Sekolah Animasi di Indonesia IDS  International Design School.

Jenis Animasi ini
 Animasi adalah berbagai jenis seperti:
• Animasi 2D.
• Animasi 3D.
• Berhenti gerak pada Animasi atau Wayang Animasi.
• Potong-out Animasi.
• Animasi Clay.
• Sayuran Animasi.
• Pasir Animasi.

Tapi animasi dibagi dalam dua bagian besar yaitu Animasi 2D dan Animasi 3D.

Animasi 2D:  
Animasi 2D dikenal sebagai animasi sel tradisional di mana setiap frame atau menggambar animasi di atas kertas dan kemudian dijiplak ke sel lembar transparan dengan kuali juga pena atau bahkan Xeroxed. Dari sisi belakang sel itu dilukis oleh tinta atau cat seniman, terus latar belakang warna dan terbuka di bawah kamera, maka cetak negatif terkena dikembangkan dan itu adalah siap untuk menampilkan animasi di layar lebar.

Animasi 3D:
Hari-hari ini ketika orang berbicara tentang 3D biasanya mereka berbicara tentang animasi komputer.  Animasi 3d berarti objek yang memiliki panjang, luas serta kedalaman disebut sebagai 3D. Berikut kedalaman istilah yang paling penting karena itu adalah satu-satunya hal yang berbeda 2D dan 3D. 3D objek 3D memiliki tiga sumbu X, Y, dan Z mana sebagai objek 2D hanya memiliki dua sumbu yaitu X dan Y.
. Pada 1988, merek dagang 3D Real telah dikembangkan yang secara teknis dikenal sebagai visi stereoskopik.
. 3D animasi dibuat dengan bantuan komputer dan perangkat lunak dan juga diberikan oleh perangkat lunak untuk melihat animasi pada layar. Perencanaan animasi dan bahan produksi pra dirancang dengan kertas dan pensil. 3D animasi komputer dihasilkan film yang dibuat dalam software khusus, yang menyediakan animator dengan ruang 3D tidak seperti yang kertas.. Secara teknis ada perbedaan besar antara animasi 3D dan animasi 2D.

film animasi
A
dalah film animasi yang paling mahal karena biaya produksi film ini adalah $ 170 juta (USD) dan menikmati bisnis cukup box office juga.
Ketika kami datang ke film animasi yang paling sukses maka Shrek 2. Shrek2 memiliki pembukaan terbesar untuk film animasi yang pernah dan itu adalah film paling sukses tahun 2004. Shrek3 sudah di produksi dan Shrek4 dalam pra-produksi. Biaya produksi film ini adalah $ 70.000.000 (USD) dan koleksi box office di seluruh dunia luar biasa $ 916.000.000 (USD). Dalam film animasi yang sukses ada juga nama lain seperti
SharkTale SharkTale
The Wild The Wild
Toy Story 1&2 Toy Story 1 & 2
The Incredibles The Incredibles
Finding Nemo Finding Nemo
Cars Mobil
Dinosaurs Dinosaurus
Monster Inc. etc. Inc Rakasa dll

Animasi Clay
Animasi Clay tidak benar-benar suatu teknik baru sebagai banyak orang mungkin berpikir animasi. Clay mulai tak lama setelah plastisin (a-zat seperti tanah liat) diciptakan pada tahun 1897, dan salah satu film pertama yang menggunakan itu dibuat pada tahun 1902. ini jenis animasi tidak begitu populer sampai Gumby diciptakan. Penemuan Gumby merupakan langkah besar dalam sejarah animasi tanah liat. Sekarang, animasi tanah liat menjadi lebih populer dan lebih mudah untuk dilakukan. Kemudian, film animasi tanah liat lebih dibuat, seperti Wallace dan Gromit dari film seri, iklan yang dibuat untuk California Raisin Dewan Penasehat dan seri Celebrity Deathmatch.
Animasi Komputer
Animasi komputer juga menjadi animasi umum. Dimulai sekitar 40 tahun yang lalu ketika gambar sistem komputer pertama diciptakan oleh General Motors dan IBM. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat model 3D dari mobil dan mengubah sudut dan rotasi. Bertahun-tahun kemudian, lebih banyak orang membantu membuat animasi komputer yang lebih baik. Film yang menggunakan animasi komputer: The Abyss, Jurassic Park, Forrest Gump, dan banyak lagi. Juga, animasi komputer digunakan berbeda, seperti dalam acara Taman Selatan yang digunakan berhenti guntingan animasi; akhir-akhir ini menggunakan animasi komputer. dikenal komputer animasi baik-Sebuah perusahaan Pixar Mereka bertanggung jawab untuk membuat Toy Story, A Bug's Life, Monsters Inc, Finding Nemo, dan banyak lagi. Selain itu, permainan video telah menggunakan animasi komputer juga.
Cel-Bayang Animasi
Cel- diarsir adalah membuat animasi grafis komputer tampak tangan ditarik. ini jenis animasi yang paling umum kembali di konsol video gamesSebagian besar waktu proses cel-shading dimulai dengan khas model 3D . Perbedaannya terjadi bila objek cel-shaded diambil pada layar. Mesin rendering hanya akan memilih beberapa bayangan setiap warna untuk objek, sehingga terlihat datar.
Diedit oleh Nurul Azizah, 8a/21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar