ANIMASI
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas dan berbagai sumber.
Animasi dengan laju 10 frame per detik Dan Animasi seekor kuda buatan
Edward Muybridge
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film
animasi, adalah film
yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang
bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar
kertas gambar yang kemudian di putar sehingga muncul efek gambar bergerak.
Dengan bantuan komputer
dan grafika komputer, pembuatan film animasi
menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan
film animasi 3 dimensi
daripada film animasi 2 dimensi.
|
Wayang kulit
merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi
elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah
memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan
ilustrasi musik.
Proses pembuatan animasi
Ada dua proses pembuatan film animasi,
diantaranya adalah secara konvensional dan digital.
Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan
proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, proses
digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional.
Tom Cardon seorang
animator yang pernah menangani animasi Hercules
mengakui komputer cukup berperan. Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali
revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu
berkisar antara 30-45 menit. Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan
sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat
film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang,
sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.
2 Dimensi
Celluloid (konvensional)
Teknik Celluloid
ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Setelah
gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer
keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang dan diwarnai oleh Ink
and Paint Departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus,
yaitu multiplane camera didalam ruangan yang serba hitam.
Objek
utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan
yang statis. Dengan demikian, latar belakang dan latar depan dibuat
hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu
banyak. Proses pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:
- Pra-produksi:
- Konsep,
- Skenario,
- Pembentukan karakter,
- Storyboard,
- Dubbing awal,
- Musik dan sound FX
- Pasca-produksi:
- Lay out (Tata letak),
- Key motion (Gerakan kunci/ inti),
- In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
- Clean Up (Membersihkan gambar dengan menjiplak)
- Background (Gambar latar belakang),
- Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
- Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
- Post-produksi:
- Composite,
- Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi frame),
- Editing,
- Rendering,
- Pemindahan film kedalam roll film.
Komputer
Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an,
proses pembuatan animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Yang sangat nyata
dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan
animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing
dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan
dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan.
Sementara dengan teknik konvensional, setiap detail kesalahan kadang-kadang
harus diulang kembali dari awal. Proses
pembuatan animasi 2Dimensi digital terdiri dari:
- Pra-produksi:
- Konsep,
- Skenario,
- Pembentukan karakter,
- Storyboard,
- Dubbing awal,
- Musik dan sound FX
- Pasca-produksi:
- Lay out (Tata letak),
- Key motion (Gerakan kunci/ inti),
- In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
- Background (Gambar latar belakang),
- Scanning
- Coloring.
- Post-produksi:
3 Dimensi
Tiga
Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3Dimensi secara umum
merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card
menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card
itu sendiri untuk mencapai hasil grafik
yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Film Animasi dengan keuntungan tertinggi
Sampai saat ini, ada beberapa film animasi yang memiliki
keuntungan yang sangat besar, sebut saja Shrek 2 atau Finding Nemo, yang keuntungannya
sudah diatas 800 juta dollar, yang film lain saja sangat sulit mendapatkannya. Berikut adalah 20 film animasi dengan
pendapatan tertinggi :
Rank
|
Nama Film
|
Studio
|
Penghasilan dunia
|
Tahun
|
1
|
DreamWorks
SKG
|
$919,838,758
|
2004
|
|
2
|
BlueSky
|
$878,701,244
|
2003
|
|
3
|
Disney/Pixar
|
$864,625,978
|
2003
|
|
4
|
DreamWorks
SKG
|
$798,958,162
|
2007
|
|
5
|
Buena
Vista/Walt Disney
|
$783,841,776
|
1994
|
|
6
|
Disney/Pixar
|
$683,807,981
|
2009
|
|
7
|
20th Century
Fox
|
$655,388,158
|
2006
|
|
8
|
Disney/Pixar
|
$643,707,397
|
2007
|
|
9
|
DreamWorks
SKG
|
$631,736,484
|
2008
|
|
10
|
Disney/Pixar
|
$631,442,092
|
2004
|
|
11
|
DreamWorks
SKG
|
$603,900,309
|
2008
|
|
12
|
Disney/Pixar
|
$545,366,597
|
2001
|
|
13
|
Disney/Pixar
|
$533,268,237
|
2008
|
|
14
|
DreamWorks
SKG
|
$532,680,671
|
2005
|
|
15
|
Buena
Vista/Walt Disney
|
$504,050,219
|
1992
|
|
16
|
Disney/Pixar
|
$485,015,179
|
1998
|
|
17
|
DreamWorks
SKG
|
$484,409,218
|
2001
|
|
18
|
Disney/Pixar
|
$461,983,149
|
2006
|
|
19
|
Buena Vista/Walt
Disney
|
$448,191,819
|
1999
|
|
20
|
Warner Bros.
|
$384,300,000
|
2006
|
Animasi di Indonesia
Perkembangan
animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia,
bahkan ada beberapa studio
yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli lokal,
Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film
animasi Jepang
dan Amerika Serikat. Data Ainaki (Asosiasi
Industri Animasi dan Konten Indonesia) mencatat nama-nama studio
animasi Indonesia,
diantaranya adalah Frozzty Entertainment, Tunas Pakar Integraha, Castle Production,CAM Solution, Mirage, Pustaka Lebah, Jogjakartun, Mrico, Animad Studio, Jelly Fish, Bulakartun, Griya Studio, Bening Studio, Studio Kasatmata, Asiana Wang Animation, Bintang
Jenaka Cartoon Film, Red Rocket, Infinite
Frameworks Studios Batam dan lain-lain. Sekolah
Animasi di Indonesia IDS International Design School.
Jenis Animasi ini
Animasi adalah
berbagai jenis seperti:
• Animasi 2D.
• Animasi 3D.
• Berhenti gerak pada Animasi atau Wayang Animasi.
• Potong-out Animasi.
• Animasi Clay.
• Sayuran Animasi.
• Pasir Animasi.
• Animasi 2D.
• Animasi 3D.
• Berhenti gerak pada Animasi atau Wayang Animasi.
• Potong-out Animasi.
• Animasi Clay.
• Sayuran Animasi.
• Pasir Animasi.
Tapi animasi
dibagi dalam dua bagian besar yaitu Animasi 2D dan Animasi 3D.
Animasi 2D:
Animasi 2D dikenal
sebagai animasi sel tradisional di mana setiap frame atau menggambar animasi di
atas kertas dan kemudian dijiplak ke sel lembar transparan dengan kuali juga
pena atau bahkan Xeroxed. Dari sisi belakang sel itu dilukis oleh tinta atau cat
seniman, terus latar belakang warna dan terbuka di bawah kamera, maka cetak negatif
terkena dikembangkan dan itu adalah siap untuk menampilkan animasi di layar
lebar.
Animasi 3D:
Hari-hari ini ketika orang berbicara tentang 3D biasanya mereka berbicara tentang animasi komputer. Animasi 3d berarti objek yang memiliki panjang, luas serta kedalaman disebut sebagai 3D. Berikut kedalaman istilah yang paling penting karena itu adalah satu-satunya hal yang berbeda 2D dan 3D. 3D objek 3D memiliki tiga sumbu X, Y, dan Z mana sebagai objek 2D hanya memiliki dua sumbu yaitu X dan Y.
. Pada 1988, merek dagang 3D Real telah dikembangkan yang secara teknis dikenal sebagai visi stereoskopik.
. 3D animasi dibuat dengan bantuan komputer dan perangkat lunak dan juga diberikan oleh perangkat lunak untuk melihat animasi pada layar. Perencanaan animasi dan bahan produksi pra dirancang dengan kertas dan pensil. 3D animasi komputer dihasilkan film yang dibuat dalam software khusus, yang menyediakan animator dengan ruang 3D tidak seperti yang kertas.. Secara teknis ada perbedaan besar antara animasi 3D dan animasi 2D.
film animasi
Adalah film animasi yang paling mahal karena biaya produksi film ini adalah $ 170 juta (USD) dan menikmati bisnis cukup box office juga.
Ketika kami datang ke film animasi yang paling sukses maka Shrek 2. Shrek2 memiliki pembukaan terbesar untuk film animasi yang pernah dan itu adalah film paling sukses tahun 2004. Shrek3 sudah di produksi dan Shrek4 dalam pra-produksi. Biaya produksi film ini adalah $ 70.000.000 (USD) dan koleksi box office di seluruh dunia luar biasa $ 916.000.000 (USD). Dalam film animasi yang sukses ada juga nama lain seperti
SharkTale SharkTale
The Wild The Wild
Toy Story 1&2 Toy Story 1 & 2
The Incredibles The Incredibles
Finding Nemo Finding Nemo
Cars Mobil
Dinosaurs Dinosaurus
Monster Inc. etc. Inc Rakasa dll
Animasi 3D:
Hari-hari ini ketika orang berbicara tentang 3D biasanya mereka berbicara tentang animasi komputer. Animasi 3d berarti objek yang memiliki panjang, luas serta kedalaman disebut sebagai 3D. Berikut kedalaman istilah yang paling penting karena itu adalah satu-satunya hal yang berbeda 2D dan 3D. 3D objek 3D memiliki tiga sumbu X, Y, dan Z mana sebagai objek 2D hanya memiliki dua sumbu yaitu X dan Y.
. Pada 1988, merek dagang 3D Real telah dikembangkan yang secara teknis dikenal sebagai visi stereoskopik.
. 3D animasi dibuat dengan bantuan komputer dan perangkat lunak dan juga diberikan oleh perangkat lunak untuk melihat animasi pada layar. Perencanaan animasi dan bahan produksi pra dirancang dengan kertas dan pensil. 3D animasi komputer dihasilkan film yang dibuat dalam software khusus, yang menyediakan animator dengan ruang 3D tidak seperti yang kertas.. Secara teknis ada perbedaan besar antara animasi 3D dan animasi 2D.
film animasi
Adalah film animasi yang paling mahal karena biaya produksi film ini adalah $ 170 juta (USD) dan menikmati bisnis cukup box office juga.
Ketika kami datang ke film animasi yang paling sukses maka Shrek 2. Shrek2 memiliki pembukaan terbesar untuk film animasi yang pernah dan itu adalah film paling sukses tahun 2004. Shrek3 sudah di produksi dan Shrek4 dalam pra-produksi. Biaya produksi film ini adalah $ 70.000.000 (USD) dan koleksi box office di seluruh dunia luar biasa $ 916.000.000 (USD). Dalam film animasi yang sukses ada juga nama lain seperti
SharkTale SharkTale
The Wild The Wild
Toy Story 1&2 Toy Story 1 & 2
The Incredibles The Incredibles
Finding Nemo Finding Nemo
Cars Mobil
Dinosaurs Dinosaurus
Monster Inc. etc. Inc Rakasa dll
Animasi
Clay
Animasi Clay tidak benar-benar suatu teknik baru sebagai
banyak orang mungkin berpikir animasi. Clay
mulai tak lama setelah plastisin (a-zat seperti tanah liat) diciptakan pada
tahun 1897, dan salah satu film pertama yang menggunakan itu dibuat pada tahun
1902. ini jenis animasi tidak begitu populer sampai Gumby diciptakan. Penemuan
Gumby merupakan langkah besar dalam sejarah animasi tanah liat. Sekarang,
animasi tanah liat menjadi lebih populer dan lebih mudah untuk dilakukan.
Kemudian, film animasi tanah liat lebih dibuat, seperti Wallace dan Gromit dari
film seri, iklan yang dibuat untuk California Raisin Dewan Penasehat dan seri
Celebrity Deathmatch.
Animasi Komputer
Animasi komputer juga menjadi animasi umum. Dimulai
sekitar 40 tahun yang lalu ketika gambar sistem komputer pertama diciptakan
oleh General Motors dan IBM. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat model
3D dari mobil dan mengubah sudut dan rotasi. Bertahun-tahun kemudian, lebih banyak orang membantu membuat
animasi komputer yang lebih baik. Film yang menggunakan animasi komputer: The
Abyss, Jurassic Park, Forrest Gump, dan banyak lagi.
Juga, animasi komputer digunakan berbeda, seperti dalam acara Taman Selatan
yang digunakan berhenti guntingan animasi; akhir-akhir ini menggunakan animasi
komputer. dikenal komputer animasi baik-Sebuah perusahaan Pixar Mereka
bertanggung jawab untuk membuat Toy Story, A Bug's Life, Monsters Inc, Finding
Nemo, dan banyak lagi. Selain itu, permainan video telah menggunakan animasi
komputer juga.
Cel-Bayang
Animasi
Cel- diarsir adalah membuat
animasi grafis komputer tampak
tangan ditarik. ini jenis animasi yang paling umum kembali di konsol video games . Sebagian
besar waktu proses cel-shading dimulai dengan khas model 3D . Perbedaannya
terjadi bila objek cel-shaded diambil pada layar. Mesin rendering hanya akan
memilih beberapa bayangan setiap warna untuk objek, sehingga terlihat datar.
Diedit oleh Nurul Azizah,
8a/21
Tidak ada komentar:
Posting Komentar